On a mobile device? Click here!
OptionTradingpedia.com "Your FREE Options Trading Encyclopedia"
| Blog | Advertise | Tell-a-Friend  

Home Home | OppiE Community of Option Traders! Forum | Option Traders HQ! HQ | About Us! Answers |Link To Us! Link | Rules For Quoting Our Content! Quote Us | About Us! About Us | Contact Us! Contact

Kembali Ke Hal Utama | Kembali Ke Hal Sebelumnya


(Silahkan masukkan satu atau dua kata kunci)

Call Options


Call Options – Definisi
Call options adalah opsi saham (stock options) yang memberi KEKUASAAN (POWER), bukannya kewajiban (obligation) pada pemegangnya, untuk MEMBELI (BUY) saham pokok pada HARGA TETAP (FIXED RATE) sampai TANGGAL JATUH TEMPO (EXPIRATION DATE) yang tetap.


Call Options – Pendahuluan
Call options sudah pasti lebih populer dari kedua jenis stock options. Lainnya adalah Put Options yang memberi hak jual saham pokok pada anda pada harga tetap. Call options memungkinkan anda membeli saham pokok pada harga tetap saat ini tanpa memandang bagaimana berjalannya saham tersebut di masa mendatang pada harga yang relatif kecil dibandingkan harga saham pokok (underlying stock). Call options memberi kekuasaan pada anda untuk mendapatkan laba dari berjalannya saham pokok untuk harga yang sangat kecil tanpa harus membeli saham pokok terlebih dulu! Selain menjadi instrumen yang sangat fleksibel dan resikonya terbatas, Call options adalah instrumen hedging yang fantastis bagi semua portofolio saham.

explosive options trading mentor

Jika dimanipulasikan secara tepat, Call options memungkinkan setiap orang mendapatkan laba dari semua pergerakan di dalam saham pokok, mengambil keuntungan dari tren terbaru dengan sangat cepat dan menjauhkan resiko keuangan. Investor ritel kecil menggunakan Call options sebagai instrumen spekulatif untuk mendapatkan laba besar dari jumlah uang yang sangat sedikit, dan investor institusi besar menggunakan Call Options untuk melindungi portofolio saham mereka dan meningkatkan laba marjinal. Faktanya, employee stock options juga merupakan Call Options. Dengan aplikasi dan fleksibilitas yang luas sedemikian, sangat penting untuk mempelajari bagaimana bekerjanya Call Options, salah satu pengetahuan investasi paling penting di masa-masa modern.


Bagaimana Bekerjanya Call Options?
Call Options adalah kontrak-kontrak keuangan diantara pembeli dan penjual. Penjual atau “writer” Call Options memberi hak pada Pembeli Call Options untuk membeli sahamnya pada harga tetap dan telah disepakati pada kontrak Call Options. Pembeli atau “pemegang” Call Options ini sekarang dapat menggunakannya, berharap bahwa saham akan naik harganya seiring waktu, sebelum kontrak Call Options jatuh tempo, dan kemudian menjual Call Options kepada pembeli lain pada harga yang lebih tinggi atau melakukan (exercise) hak di dalam Call Options untuk membeli saham dari penjual pada harga lebih rendah yang telah disetujui, serta mendapatkan laba dengan menjual saham tersebut di pasar terbuka.

Jelasnya, penjual atau “writer” Call Options berharap sahamnya tetap stagnan atau turun. Karena penjual mengharapkan sahamnya turun, menjual Call Options pada saham ini sesungguhnya menghasilkan pendapatan tambahan, yang menutupi penurunan saham yang diperkirakan jika penjual tersebut benar. Ini mengatasi resiko memiliki sendiri saham tersebut tanpa harus menjual saham.

Pembeli Call Options tersebut secara jelas mengharapkan saham tersebut naik dan mau membayar sejumlah harga untuk berspekulasi pada kenaikan sedemikian. Harapan ini juga ditunjukkan di dalam indikator sentimen investor yang terkenal yang dikenal sebagai Put Call Ratio. Put Call Ratio adalah rasio jumlah put options yang diperdagangkan versus call options yang diperdagangkan.

parties in call options

Berikut ini contoh apa yang terjadi di dalam transaksi Call Options:

Contoh Call Options:
Saham perusahaan XYZ diperdagangkan seharga $40 saat ini. Strike price Call Options $40 diperdagangkan seharga $2.

John membeli 100 lembar saham perusahaan XYZ seharga $30 seminggu yang lalu dan berharap saham perusahaan YXZ naik sedikit setelah berjalan secara kuat. Dia memutuskan untuk mendukung posisi saham XYZ-nya dengan menjual 1 kontrak (merepresentasikan 100 lembar saham) dari strike price Call Options seharga $40. Dia mendapatkan $200 dari penjualan Call Options, yang akan menutup kerugiannya jika saham perusahaan XYZ turun kurang dari $2 dan sesungguhnya menambah labanya jika saham perusahaan XYZ tetap stagnan pada harga $40 saat Call Options jatuh tempo.

Peter menduga bahwa saham perusahaan XYZ akan terus berjalan kuat. Dia ingin mengambil keuntungan dari hal tersebut dan tidak mau membayar $40 per saham untuk melakukannya. Dia memutuskan untuk membeli strike price Call Options $40 hanya seharga $200 ($2 x 100), dengan demikian mengontrol 100 lembar saham. Untuk mengontrol 100 lembar saham, lazimnya dia harus membayar $4000 ($40 x 100) untuk memiliki saham tersebut, namun dengan Call options, dia melakukannya hanya dengan uang sebesar $200, yaitu hanya 5% dari harga yang biasanya!

Skenario 1: XYZ naik sampai $70 Selama Jatuh Tempo Call Options

Saham XYZ John diminta lagi oleh pembeli Call Optionsnya seharga $40. Dia mendapatkan laba total $40 - $30 + $2 = $12 dari perdagangan ini.

Strike price Call Options $40 milik Peter sekarang berharga $30 karena memungkinannya membeli saham XYZ seharga $40 saat diperdagangkan $70 saat ini. Dia mendapatkan laba total $30 - $2 (harga Call Options) = $28 per kontrak atau laba 1400%!

Skenario 2: XYZ Turun Menjadi $38 Selama Jatuh Tempo Call Options

Saham XYZ John rugi $2 per saham yang tertutupi seluruhnya oleh penjualan Call Options seharga $2 per saham. John tidak rugi apapun dalam perdagangan ini.

Saham XYZ Peter jatuh tempo tanpa nilai karena tidak ada nilai di dalam hak untuk membeli saham XYZ seharga $40 saat diperdagangkan seharga $38 saat ini. Peter rugi $200 yang dia gunakan untuk membeli Call Options tersebut.


explosive option trading mentor Pembimbing pribadi Option Trading
Mau tahu bagaimana murid2 kami dapat menghasilkan lebih dari 87% keuntungan tiap bulannya? Penuh percaya diri, Trading Options di pasar Amerika bahkan pada saat Ekonomi sedang turun tajam !


Call Options – Terminologi
Strike Price
Harga dimana anda dapat membeli saham-saham perusahaan tanpa memandang seberapa jauh saham tersebut telah bergerak di masa mendatang.

Holder
Pemilik Call Options. Anda adalah Holder (pemegang) Call Options anda.

Writer
Penjual Call Options. Anda adalah writer jika anda memulai posisi tersebut dengan menjual Call Options. Ini disebut Sell To Open. Pelajari lebih banyak mengenai Types of Options Orders.

Exercise
Memulai hak untuk membeli saham pokok pada strike price.

Expiration date
Tanggal dimana anda harus melaksanakan (exercise) hak membeli saham perusahaan atau membiarkan Call Options berlalu tanpa nilai.

In The Money
Jika saham perusahaan lebih tinggi daripada strike price. Baca lebih banyak mengenai In The Money Options.

At The Money
Jika saham perusahaan sama seperti strike price. Baca lebih banyak mengenai At The Money Options.

Out Of The Money
Jika saham perusahaan lebih rendah daripada strike price, yang membuat Call Options tanpa nilai saat jatuh tempo. Baca lebih banyak mengenai Out Of The Money Options.


Call Options dan Time Decay
Kontrak Call Options memiliki harga. Harga tersebut berperan sebagai “premi asuransi” bagi pembeli dan merupakan bentuk kompensasi bagi writer untuk menanggung resiko tambahan. Semakin lama tanggal jatuh tempo Call Options, semakin tinggi harga ini karena resiko tambahan yang dihadapi writer. Harga ini dikenal sebagai “extrinsic value”. Karena extrinsic value opsi saham secara umum adalah fungsi dari seberapa lama periode resiko yang dihadapi writer yang diatur oleh tanggal jatuh tempo, maka extrinsic value ini berkurang saat tanggal jatuh tempo semakin dekat. Pengurangan di dalam nilai seiring waktu ini dikenal sebagai Time Decay dan ditentukan secara matematika oleh Option Greek yang dikenal sebagai Theta.

Para pemegang Call Options harus tahu bahwa jika saham pokok gagal bergerak naik secara cepat dan berharap melebihi harga yang dibayarkan pada Call Options, maka Call Options tersebut akan berkurang harganya setiap hari sehubungan dengan Time decay. Writer Call Options harus tahu apakah extrinsic value Call Options yang ingin anda jual membenarkan resiko tambahan atau memenuhi tujuan-tujuan hedging anda.


Catatan; Perhatikan bahwa ini adalah praktek di Amerika Serikat. Negara-negara yang lain bisa memiliki peraturan yang berbeda.



Aplikasi Call Options
Ada dua fungsi investasi yang utama dari Call Options, yaitu Leveraged Speculation dan Hedging.

Leveraged Speculation
Stock options merupakan alat leverage (pengungkit) yang hebat yang tidak hanya menghasilkan laba tidak terbatas namun juga kerugian yang terbatas. Call Options adalah solusi opsi saham untuk memberikan return yang tinggi pada saham-saham yang melesat. Call Options memungkinkan pemegangnya untuk mendapatkan keuntungan dari laba yang sama pada saham pokok hanya dengan menggunakan sejumlah kecil uang. Pengungkitan sedemikian bisa dihitung dan diterapkan secara strategis ke semua portofolio. Baca mengenai How To Calculate Options Leverage. Seperti dapat anda lihat pada contoh sebelumnya, Peter, yang membeli opsi saham pada saham-saham XYZ, mendapatkan laba 1400% saat saham XYZ bergerak dari $40 menjadi $70, sedangkan John, yang membeli saham-saham XYZ, hanya mendapatkan laba 75%. Pengungkitan Call Options dapat digunakan untuk mendapatkan laba yang lebih tinggi secara agresif pada jumlah modal yang sama, atau secara konservatif menghasilkan laba yang sama seperti anda membeli saham pokok hanya dengan menggunakan sejumlah kecil uang.

Contoh Call Options Agresif:
Saham perusahaan XYZ diperdagangkan $50 saat ini. Strike price Call Options $50 diperdagangkan pada harga $2. Anda memiliki modal $5000.

Alih-alih hanya membeli 100 saham, anda sekarang dapat membeli 25 kontrak ($5000/$200) dari strike price call options $50 yang merepresentasikan 2500 lembar saham dengan menggunakan modal anda sebesar $5000.

Asumsikan saham XYZ bergerak naik menjadi $70.

Alih-alih hanya mendapatkan laba $2000 (($70 - $50) x 100), anda akan mendapatkan laba sebesar $45.000 ((($70 - $50) x 2500) - $5000) dari Call Optiosn dengan menggunakan modal yang sama sebesar $5000.

Pada contoh options trading di atas, anda akan mendapatkan laba 22 kali lipat pada kenaikan yang sama dengan menggunakan call options daripada anda membeli saham.

Contoh Call Options Konservatif:
Saham XYZ diperdagangkan seharga $50 saat ini, Strike price Call Options sebesar $50 diperdagangkan $2. Anda memiliki modal $5000.

Alih-alih menghabiskan $5000 untuk mengontrol 100 saham, anda dapat mengontrol 100 saham dengan membeli 1 kontrak call options-nya hanya dengan uang sebesar $200 ($2 x 100).

Asumsikan saham XYZ naik menjadi $70.

Saham memberikan laba $2000 (($70 - $50) x 100). Call Options anda juga memberikan laba bersih $1800 setelah dikurangi $200 pada pengeluaran awal. Bila anda harus menggunakan seluruh modal anda sebesar $5000 untuk mendapatkan laba $2000 dengan menggunakan saham, anda hanya perlu mengeluarkan $200 untuk mendapatkan laba yang sama tersebut.

Dengan hanya mengeluarkan 4% dari modal anda, anda dapat memperoleh jumlah laba yang sama dengan menggunakan call options. Ini dikenal sebagai strategi Fiduciary Call option.


Hedging
Seperti stock futures, stock options pada awalnya dibuat sebagai instrumen hedging (penyangga). Dewasa ini, Call Options masih digunakan sebagai instrumen hedging oleh lembaga dan dana investasi. Call Options dapat diperpendek untuk menyangga penurunan di dalam portofolio jangka panjang dan dapat diperpanjang untuk menyangga kenaikan di dalam portofolio jangka pendek. Selain itu, Call Options juga dapat diperpanjang atau diperpendek secara kreatif untuk menyangga segala jenis strategi opsi. Call Options menghasilkan hedging melalui Delta Neutral serta Contract Neutral Hedging.


Strategi-strategi Dagang Call Options
Ada banyak strategi perdagangan opsi yang melibatkan penggunaan Call Options. Berikut ini beberapa diantaranya:

Fiduciary Calls
Menggantikan saham dengan jumlah call options yang terkait untuk mengurangi pengeluaran modal.

Bull Call Spread
Mendapatkan laba dari kenaikan sedang pada saham pokok dengan memiliki call options jangka pendek untuk menutup biaya call options jangka panjang.

Calendar Call Spread
Mendapatkan laba jika saham pokok naik secara sedang atau tetap stagnan dengan membeli dan menjual call options dengan tanggal jatuh tempo yang berbeda-beda.

Naked Call Write
Mendapatkan laba jika saham pokok tetap stagnan atau turun secara sedang dengan memperpendek Call Options.

Stock Replacement Strategy
Strategi perdagangan yang terkenal yang dipopulerkan oleh Jim Cramer. Menggunakan Deep In The Money call options dan strategic hedging untuk mengurangi resiko dan gejolak saat kembali ke laba yang lebih tinggi.

Lihat List of Options Strategies seluruhnya.

Call Options juga dapat dikombinasikan dengan saham untuk menciptakan put options secara sintetis tanpa menutup posisi call options. Ini juga dapat digunakan untuk mengubah posisi saham menjadi call options atau put options secara sintetis tanpa menutup posisi saham semula. Ini dikenal sebagai Synthetic Positioning.


Pricing Call Options
Harga Call Options terdiri dari 2 komponen, intrinsic value dan extrinsic value. Intrinsic value adalah jumlah laba yang sudah ada di dalam call options sedangkan extrinsic value adalah harga yang anda bayar untuk memiliki kontrak opsi sebagai kompensasi bagi penjual atau writer untuk resiko tambahan. Jika anda membeli At The Money options, dimana strike price dari call options adalah tepat sama seperti harga saham yang berlaku, atau Out Of The Money Options, dimana strike price dari call options adalah lebih tinggi daripada harga saham yang berlaku, maka harga call options hanya terdiri dari extrinsic value.

Contoh Call Options Pricing:
Saham perusahaan XYZ diperdagangkan pada $50 saat ini.
Strike price Call Options sebesar $50 diperdagangkan pada $2.
Strike price Call Options sebesar $51 diperdagangkan pada $0,50.
Strike price Call Options sebesar $49 diperdagangkan pada $2,80.


Strike price call options sebesar $50 terdiri dari $2 extrinsic value dan tidak ada intrinsic value karena belum ada laba di dalamnya. Ini dikenal sebagai At The Money.

Strike price Call Options sebesar $51 terdiri dari $0,50 extrinsic value dan tidak ada intrinsic value karena saham harus naik di atas $51 untuk mendapatkan laba. Ini dikenal sebagai Out Of The Money.

Strike price Call Options sebesar $49 terdiri dari $1,80 extrinsic value dan $1 intrinsic value karena opsi memungkin saham untuk dibeli pada $1 lebih rendah dari harga yang berlaku. Nilai sebesar $1 ini adalah intrinsic value. Ini dikenal sebagai In The Money.

Seperti dapat anda lihat dari contoh di atas, harga call options terutama dipengaruhi oleh dimana strike price-nya dalam kaitannya dengan harga saham pokok. Ini dikenal sebagai Options Moneyness dan merupakan konsep paling penting untuk dipahami di dalam perdagangan opsi. Baca lebih banyak mengenai How Stock Options Are Priced. Memperdagangkan Call Options dengan strike price yang berbeda-beda mendapatkan hasil-hasil yang sangat berbeda pada pergerakan yang sama di dalam saham pokok. Untuk mempelajari pertimbangan-pertimbangan yang berbeda ini, bacalah Long Call Options strategy.


Call Options Chains
Para pedagang saham mendapatkan harga saham melalui Stock Quote, pedagang Option mendapatkan harga call option melalui Option Chain. Call options chain memberi daftar seluruh call options yang tersedia pada suatu saham pada seluruh strike price. Berikut ini adalah rupa dari options chains:

XYZ Company, $50, Jatuh Tempo: Des 2007
Symbol Strike Last Bid Ask Volume Open Interest
.xyzhg $51 $0.50 $0.30 $0.50 1000 50
.xyzhh $50 $2.00 $1.80 $2.00 3000 1000
.xyzhi $49 $2.60 $2.60 $2.80 50 5

Symbol : Setiap call options diidentifikasikan secara unik dengan namanya sendiri atau representasinya.

Strike : Strike price dari tiap-tiap call options.

Last : Harga transaksi terakhir dari kontrak call options tertentu.

Bid : Harga dimana anda dapat menjual kontrak call options tertentu.

Ask : Harga dimana anda dapat membeli kontrak call options tertentu.

Volume : Jumlah transaksi yang terjadi untuk kontrak call options untuk hari tersebut.

Open Interest : Jumlah posisi terbuka yang mengambang di pasar untuk tiap kontrak call options.

OppiE's Note Catatan: Data last price tidak begitu berarti di dalam perdagangan opsi seperti di dalam perdagangan saham. Saham hanya dapat bergerak harganya saat transaksi terjadi dan harga tersebut tercermin di dalam last price-nya. Ini artinya bahwa, untuk saham-saham, harga terakhir (last price) merupakan representasi dari nilai pasar yang wajar dari saham pada saat yang berlaku. Meski demikian, opsi tidak memerlukan transaksi agar nilainya bergerak. Nilainya berubah selama harga saham pokok berubah. Ini membuat harga terakhirnya menjadi informasi yang tidak berguna karena harga opsi mungkin telah bergerak dari saat terakhir transaksi. Inilah alasan mengapa para pedagang opsi hanya melihat bid dan ask price selama perdagangan opsi.


Anda harus memilih dari bulan-bulan jatuh tempo yang berbeda dan dari strike prices yang berbeda. Tiap-tiap strike price ini memungkinkan anda membeli saham pokok pada strike price tanpa memandang berapa harga saham di masa mendatang. Jika anda membeli $49 strike call option (dikenal sebagai December 49 Call) seharga $2,80 (ya, anda selalu membeli pada “Ask” price dan menjualnya pada “Bid” price), anda harus membeli saham XYZ Company seharga $49 pada segala waktu meskipun diperdagangkan $50 saat ini.

Tentu saja, anda tidak akan pernah mendapatkan untung dengan membeli December 49 call option saat ini, melakukan (exercising) call option, membeli saham perusahaan XYZ seharga $49 dan kemudian segera menjualnya pada harga yang berlaku yaitu $50. Mengapa? Karena anda hanya akan mendapatkan $1 dari penjualan tersebut sedangkan anda harus membayar $2,80 untuk membeli kontral call option tersebut. Ya, perbedaan di dalam harga tersebut, yang dikenal sebagai extrinsic value, sudah dihargai ke dalam call option tersebut dan itulah mengapa anda dapat melihat dari chain di atas bahwa itu semakin menjadi lebih mahal saat strike price call option menjadi semakin rendah. Pelajari lebih banyak mengenai Volume And Open Interest Of Stock Options.

Get free options chains here.


Dimana Anda Dapat Membeli Call Options
Anda dapat memperdagangkan call options dari semua saham optionable secara online melalui internet dengan membuka akun dengan online options trading brokers. Call Options juga diperdagangkan di pasar-pasar Over The Counter (OTC) atau dikenal sebagai pink sheets untuk saham-saham yang tidak memiliki exchange traded options. Meski demikian, pasar-pasar ini secara umum tidak dapat diakses publik. Exchange trade options adalah stock options yang diperdagangkan secara umum di bursa-bursa seperti halnya saham-saham.


Keuntungan Call Options
  • Berpotensi mendapatkan laba yang lebih besar dengan menggunakan jumlah uang yang sama.


  • Mendapatkan laba yang sama seperti saham dengan hanya menggunakan harga yang lebih kecil.


  • Dapat digunakan sebagai penyangga terhadap posisi saham atau perdagangan opsi.


  • Sangat fleksibel. Dapat melebihi hasil dari saham atau put options melalui posisi-posisi sintetis.



  • Kerugian Call Options
  • Jatuh tempo tanpa nilai jika saham-saham diperdagangkan di bawah strike price sampai jatuh tempo.



  • Recommended!Buy Call Options With Best Options Broker, OptionsXpress!






    Lanjut untuk perjalanan penjelajahan anda...
    Click Me For Content Index
    Klik di atas untuk daftar isi

    pertanyaan? | saran?

    What Happens To Options During Stock Split?
    What Are Stock Options?
    What Are In The Money Options?
    What Are Out Of The Money Options?
    What Are At The Money Options?
    What Is Options Moneyness?
    What Are Options Strategies?
    How Are Options Priced?
    What Are Synthetic Positions?
    What Is Volume & Open Interest?
    What Are Put Options?
    What Is Put Call Ratio?


    Kembali Ke Hal Utama | Go To Option Trader's HQ

     

    Please Click On Keyword...






    Penyangkalan Penting : Options termasuk beresiko dan tidak semu penanam modal cocok dengannya. Informasi dan data yang diberikan hanya untuk tujuan pemberitahuan saja, dan tidak dimaksudkan untuk keperluan trading. Optiontradingpedia.com, mastersoequity.com maupun siapa saja penyedia data atau isi tidak bertanggung jawab akan segala kesalahan, kealpaan atau keterlambatan dari isi , atau dari segala tindakan yang diambil karena mempercayai. Data kami dapat dianggap tepat tetapi tidak dijamin atau tergaransi. Optiontradingpedia.com dan mastersoequity.com bukanlah pedagang perantara yang terdaftar dan tidak mendukung atau merekomendasikan pelayanan jasa dari perusahaan perantara apapun. Perusahaan perantara yang anda pilih adalah satu-satunya yang bertanggung jawab atas pelayanan jasa yang anda terima. Dengan mengakses, melihat, ataupun menggunakan website ini dengan segala cara, anda setuju untuk terikat dengan kondisi - kondisi di atas dan penyangkalan yang ditemukan di situs ini.

    Peringatan Hak Cipta : Semua isi dan informasi yang dihadirkan disini, optiontradingpedia.com adalah hak milik dari optiontradingpedia.com dan tidak untuk dicopy, diedarkan kembali atau di download dengan segala cara kecuali sesuai dengan peraturan kebijaksanaan tentang mengutip dari kami. Kami memiliki sistim yang lengkap untuk mendeteksi penjiplakan dan akan mengambil tindakan berdasarkan hukum untuk melawan semua, baik perorangan, website – website atau perusahaan yang terlibat. Kami benar – benar menganggap SANGAT serius Hak cipta kami !