On a mobile device? Click here!
OptionTradingpedia.com "Your FREE Options Trading Encyclopedia"
| Blog | Advertise | Tell-a-Friend  

Home Home | OppiE Community of Option Traders! Forum | Option Traders HQ! HQ | About Us! Answers |Link To Us! Link | Rules For Quoting Our Content! Quote Us | About Us! About Us | Contact Us! Contact

Kembali Ke Hal Utama | Kembali Ke Hal Sebelumnya


(Silahkan masukkan satu atau dua kata kunci)
Perbedaan Antara Saham & Option Saham


Perbedaan Antara Saham & Option Saham – Pendahuluan
Perdagangan option saham tengah populer di seluruh dunia dan menciptakan banyak orang kaya dan miskin pada tahun-tahun belakangan ini. Kita sering mendengar banyak orang yang menjadi jutawan karena berdagang option, tetapi tidak kurang juga cerita yang mengerikan mengenai para pedagang option yang kehilangan uang mereka dalam periode waktu yang sangat singkat. Faktanya, seperti yang banyak dipublikasikan, tercatat bahwa penggunaan option saham dalam hubungannya dengan saham menciptakan peluang-peluang yang belum pernah ada, bahkan sebelum terciptanya option saham itu sendiri. Jadi, apa sebenarnya arti option saham? Apa artinya perdagangan option? Apakah perdagangan option itu berbahaya? Tutorial ini akan membahas perbedaan antara saham dan option saham menurut arti yang sebenarnya serta karakteristik dari perdagangannya.


explosive option trading mentor Pembimbing pribadi Option Trading
Mau tahu bagaimana murid2 kami dapat menghasilkan lebih dari 87% keuntungan tiap bulannya? Penuh percaya diri, Trading Options di pasar Amerika bahkan pada saat Ekonomi sedang turun tajam !



Perbedaan antara Saham & Option Saham – Hubungan antara saham dengan option saham
Option adalah instrumen derivatif atau bentuk turunan gabungan dari saham, dana, mata uang, komoditas, future, dan indeks. Instrumen derivatif adalah merupakan sebuah alat perdagangan yang mendapatkan nilainya dari sekuritas (security) lainnya. Ini artinya bahwa sebuah nilai option bisa bergerak naik dan turun merupakan respon terhadap gabungan perubahan-perubahan harga sekuritas yang mendasarinya serta variabel-variabel lainnya. Jenis instrumen derivatif (derivative) lainnya adalah future, wesel tagih (warrant) dan swaps.

Option saham adalah instrumen derivatif atau bentuk turunan gabungan yang mendapatkan nilainya dari saham yang mendasarinya, yang memungkinkan para investor untuk membeli atau menjual saham-saham satu sama lain pada harga tertentu. Jadi, option saham bukanlah saham itu sendiri namun lebih merupakan “gabungan” dari saham-saham tersebut, yang memungkinkan para investor untuk mendapatkan keuntungan dari pergerakan harga saham.

Baca tutorial selengkapnya mengenai Option Saham (Stock Option).

Hubungan antara saham dan option saham adalah mirip dengan hubungan antara rumah dengan option untuk membelinya. Option untuk membeli memungkinkan pembeli untuk membeli rumah tersebut pada harga yang tetap tanpa memandang berapa banyak nilai dari rumah tersebut naik pada saat pembelian yang sebenarnya. Pemegang option mendapatkan keuntungan dari kenaikan tersebut melalui option, namun sebenarnya belum memiliki rumah tersebut.

Sebelum membaca lanjut tutorial ini, perlu diketahui juga bahwa option saham BUKANLAH saham itu sendiri namun merupakan kontrak untuk mendapatkan keuntungan dari hak untuk membeli atau menjual saham tersebut. Karena option saham sebenarnya hanyalah kontrak, dan bukan saham itu sendiri, maka option saham bukanlah aset yang bisa anda miliki secara tak terbatas karena option saham tersebut jatuh tempo setelah periode waktu tertentu. Setelah option saham jatuh tempo, option saham tersebut menguap dan lenyap. Di dalam aspek ini, saham adalah aset yang dapat anda miliki sedangkan option saham adalah biaya jika jatuh tempo out of the money (OTM).


Perbedaan antara Saham & Option Saham – Karakteristik Perdagangan
Satu-satunya persamaan diantara Saham dan Option Saham adalah fakta bahwa keduanya dapat dibeli dan dijual sebagaimana halnya saham. Namun hanya itulah persamaannya. Option saham berperilaku sangat berbeda dari saham dan dapat digunakan dalam cara yang jauh lebih banyak.

Laba yang Sangat Tinggi
Kemampuan untuk mendapatkan laba yang sangat tinggi adalah alasan mengapa begitu banyak pedagang saham yang beruntung menjadi kaya secara cepat di dalam perdagangan option. Faktanya, saat saham bergerak 1%, option sahamnya dapat bergerak sampai sebanyak 10%! Para pedagang option yang sangat agresif bisa menggunakan uangnya yang tentu saja dapat mereka tanggung jika mengalami kerugian dan melipat gandakannya uangnya, dengan saham yang mendasari yang hanya bergerak sekitar 10%! Jenis laba yang sangat tinggi ini (leveraged) dulunya hanya ada pada saham-saham micro-cap namun sekarang, dengan option saham, setiap orang bisa mendapatkan laba tersebut pada semua saham.

Mendapatkan Laba saat Saham Turun Tanpa Penyingkatan atau Marjin
Untuk mendapatkan laba saat saham turun, para pedagang saham hanya dapat mempersingkat (short) saham, yang mengalami kerugian dan marjin (margin) tidak terbatas jika saham malah naik. Dengan option trading, setiap orang dapat mendapatkan laba dari penurunan di dalam saham yang mendasari, dengan membeli put option. Put option adalah option saham yang naik saat saham yang mendasarinya turun. Membeli put option tidak mengeluarkan marjin dengan kerugian hanya terbatas pada harga yang dibayarkan untuk put option tersebut.

Laba dalam Semua Arah
Saham hanya menguntungkan jika naik, sementara dalam perdagangan option, laba dimungkinkan dalam setiap arah dengan menggabungkan berbagai macam option saham dari berbagai strike atau jatuh tempo. Faktanya, dimungkinkan untuk mendapatkan untung pada lebih dari satu arah dalam satu waktu dengan menggunakan strategi-strategi option (options strategies) misalnya Covered Calls. Kepandaian semacam ini sangat meningkatkan peluang untuk mendapatkan keuntungan.

Jatuh Tempo Tanpa Nilai
Alasan mengapa begitu banyak pedagang option kehilangan seluruh uangnya dalam periode waktu yang sangat singkat karena option saham jatuh tempo tanpa nilai jika saham yang mendasarinya tidak bergerak sesuai perkiraan. Jika anda membeli saham, anda bisa memegangnya selama anda mau jika saham tidak naik. Pada akhirnya, anda tetap dapat mendapatkan laba jika saham kembali naik, meskipun membutuhkan beberapa tahun. Dengan option saham, jika saham tidak bergerak sesuai perkiraan sampai jatuh tempo, seluruh uang yang digunakan untuk membeli option ini akan hilang. Karakteristik seperti inilah yang menjadikan perdagangan option sebagai aktivitas dengan keuntungan tinggi dan resiko (risk) tinggi jika kita berspekulasi tanpa pembatas.

Alat Pembatas
Selain sebagai alat yang sangat spekulatif, option saham juga dapat digunakan sebagai alat pembatas (hedging) untuk membatasi resiko perdagangan saham dan option. Faktanya, option saham dapat sepenuhnya membatasi memagari resiko penurunan di dalam saham melalui strategi-strategi seperti Protective Put.


Perbedaan Antara Saham dan Option Saham – Kesimpulan
Tujuan dari tutorial ini adalah untuk menjelaskan perbedaan-perbedaan penting diantara saham dengan option saham. Apakah mereka sebenarnya dan betapa berbedanya perdagangan saham dengan perdagangan option. Sangatlah dianjurkan bagi anda untuk membaca tutorial Option Saham (Stock Options tutorial) supaya dapat mempelajarinya secara mendalam.


Recommended!Trade Stock Options With Best Options Broker, OptionsXpress!






Lanjut untuk perjalanan penjelajahan anda...
Click Me For Content Index
Klik di atas untuk daftar isi

pertanyaan? | saran?

Tuntunan Options Trading Dasar
What Are Stock Options?
Perbedaan antara Futures & Stock Options
Perbedaan antara Forex & Stock Options
Apakah Options Strategies itu?
Daftar dari Strategi Opsi


Kembali Ke Hal Utama | Go To Option Trader's HQ

 

Please Click On Keyword...






Penyangkalan Penting : Options termasuk beresiko dan tidak semu penanam modal cocok dengannya. Informasi dan data yang diberikan hanya untuk tujuan pemberitahuan saja, dan tidak dimaksudkan untuk keperluan trading. Optiontradingpedia.com, mastersoequity.com maupun siapa saja penyedia data atau isi tidak bertanggung jawab akan segala kesalahan, kealpaan atau keterlambatan dari isi , atau dari segala tindakan yang diambil karena mempercayai. Data kami dapat dianggap tepat tetapi tidak dijamin atau tergaransi. Optiontradingpedia.com dan mastersoequity.com bukanlah pedagang perantara yang terdaftar dan tidak mendukung atau merekomendasikan pelayanan jasa dari perusahaan perantara apapun. Perusahaan perantara yang anda pilih adalah satu-satunya yang bertanggung jawab atas pelayanan jasa yang anda terima. Dengan mengakses, melihat, ataupun menggunakan website ini dengan segala cara, anda setuju untuk terikat dengan kondisi - kondisi di atas dan penyangkalan yang ditemukan di situs ini.

Peringatan Hak Cipta : Semua isi dan informasi yang dihadirkan disini, optiontradingpedia.com adalah hak milik dari optiontradingpedia.com dan tidak untuk dicopy, diedarkan kembali atau di download dengan segala cara kecuali sesuai dengan peraturan kebijaksanaan tentang mengutip dari kami. Kami memiliki sistim yang lengkap untuk mendeteksi penjiplakan dan akan mengambil tindakan berdasarkan hukum untuk melawan semua, baik perorangan, website – website atau perusahaan yang terlibat. Kami benar – benar menganggap SANGAT serius Hak cipta kami !